cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Auladuna
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2017): JUNE" : 5 Documents clear
KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DAN LEARNING START WITH A QUESTION PADA SISWA DI KABUPATEN ENREKANG Nur Yuliani; Nur Khalisah Latuconsina; Mifta Amatullah
Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 1 (2017): JUNE
Publisher : Department of Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makass

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komparasi hasil belajar matematika siswa menggunakan metode Giving Question and Getting Answer dan Learning Start with A Question terhadap siswa kelas X MAN Baraka. Jenis penelitian ini adalah ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIA MAN Baraka yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan 126 siswa. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh 2 kelas sebagai kelas eksperimen dengan jumlah keseluruhan sampel 60 siswa.  Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test hasil belajar matematika siswa kelas X MIA MAN Baraka  menggunakan metode Giving Question and Getting Answer dan Learning Start with A Question adalah 64,01 dan 65,34. Sedangkan nilai rata-rata post-test hasil belajar matematika siswa kelas X MIA MAN Baraka  menggunakan metode Giving Question and Getting Answer dan Learning Start with A Question adalah 73,48 dan 93,05.  Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis statistik dengan menggunakan uji Independen Sample Test  yang menunjukkan nilai sig. (2-tailed) pada post-test sebesar dan 0,010.  Nilai sig. (2-tailed) ini lebih kecil dari nilai signifikan yang ditentukan (α =0,05). Dengan demikian perbandingannya adalah Sig. (2-tailed)<α atau (0,010<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat komparasi hasil belajar matematika siswa menggunakan metode Giving Question and Getting Answer dan Learning Start with A Question terhadap siswa kelas X MAN Baraka.AbstractThis study aims to determine the comparative mathematics learning outcomes of students using the method of Giving Question and Getting Answer and Learning Start with A Question to students of class X MAN Baraka. This type of research is a quasi-experimental study, with pretest-posttest control group design research design. The population in this study is all students of class X MIA MAN Baraka consisting of 4 classes with a total of 126 students. The sample in this study was chosen by using simple random sampling technique to obtain 2 classes as an experimental class with the total sample of 60 students. The result of descriptive analysis shows that the average value of pre-test of mathematics learning result of grade X students of MAN Baraka using Giving Question and Getting Answer method and Learning Start with A Question is 64.01 and 65,34. While the average value of post-test of mathematics learning result of grade X student of MAN Baraka using Giving Question and Getting Answer method and Learning Start with A Question is 73,48 and 93,05. Furthermore, based on the results of statistical analysis using Independent Test Sample test which shows the sig value. (2-tailed) on the post-test of 0.010. The sig value. (2-tailed) is smaller than the specified significant value (α = 0.05). Thus the comparison is Sig. (2-tailed) <α or (0,010 <0,05). This shows that there is a comparison of students' mathematics learning result using Giving Question and Getting Answer method and Learning Start with A Question to the students of X class of MAN Baraka.
HUBUNGAN GAYA MENGAJAR GURU FISIKA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA MTs. MADANI ALAUDDIN PAOPAO KAB. GOWA Maulana Afsan; Muhammad Yusuf Hidayat; Ainul Uyuni Taufiq
Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 1 (2017): JUNE
Publisher : Department of Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makass

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui  untuk mengetahui gaya mengajar guru fisika dan  hasil belajar fisika pada peserta didik MTs. Madani Alauddin Paopao, dan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan gaya mengajar guru fisika dengan hasil belajar fisika peserta didik MTs. Madani Alauddin Paopao Kab. Gowa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Peserta didik MTs. Madani Alauddin Paopao yaitu kelas VII, VII, dan IX.  Adapun sampelnya menggunakan teknik proporsional stratified random sampling yaitu dengan mengambil sampel secara acak berdasarkan tingkat angkatannya dimana penulis mengambil nilai Presisi 95% atau sig= 0,001 dari populasi yang ada yaitu 164 dari 280 Peserta Didik MTs. Madani Alauddin Paopao Kab. Gowa. Jenis penelitian ini tergolong ex post facto sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah desain korelasi sederhana.  Hasil penelitian dengan analisis deskriptif diperoleh persentase gaya mengajar asertif guru fisika adalah  92,09%. dan persentase hasil belajar fisika  adalah 56,10%, rentang nilai ( 66 – 82), dan frekuensi 92 berada pada kategori tinggi. Melalui uji hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi product moment menunjukkan nilai Rhitung 0,624 sedangkan Rtabel pada taraf signifikan 5% adalah 0,152. Dengan demikian, nilai Rhitung jauh lebih besar dari pada nilai Rtabel maka Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan gaya mengajar asertif guru fisika dengan hasil belajar fisika pada peserta didik MTs Madani Alauddin Paopao Tahun ajaran 2016/2017.Abstract                This study aims to find out to know the teaching style of physics teacher and the result of physics learning in the students of MTs Madani Alauddin Paopao and to find out whether there is a relationship between physics teacher teaching style and physics learning achievement students of MTs Madani Alauddin Paopao Kab. Gowa. The population in this study were all students of MTs Madani Alauddin Paopao class VII, VII, and IX. The sample using proportional stratified random sampling technique is by taking a random sample based on the level of force where the author takes the value of Precision 95% or sig = 0.001 of the existing population of 164 of 280 participants MTs Madani Alauddin Paopao Kab. Gowa. This type of research is classified as ex post facto while the research design used is a simple correlation design. Result of research with descriptive analysis obtained by percentage of teaching style assertive physics teacher is 92,09%, and the percentage of physics learning result is 56,10%, value range (66 - 82), and frequency 92 is in high category. Through hypothesis test by using product moment correlation formula shows Rhitung value 0.624 while Rtabel at 5% significant level is 0,152. Therefore, the Rhitung value is much greater than the value of Rtabel then Ha is accepted. Then it can be concluded that the price is significant, which means there is a relationship teaching style assertive physics teacher with the results of physics learning in students MTs Madani Alauddin Paopao the academic year 2016/2017.
PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI LAIKANG KECAMATAN MA’RANG KABUPATEN PANGKEP Sriwahyuningsi Sriwahyuningsi
Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 1 (2017): JUNE
Publisher : Department of Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makass

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

                                                                            AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter peserta didik di MI Laikang Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu kegiatan ekstrakurikuler sebagai variabel bebas dan karakter peserta didik sebagai variabel terikat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil statistik inferensial pengujian hipotesis yang mem­perhatikan bahwa nilai (t) yang diperoleh dari hasil perhitungan ( )= lebih besar dari pada nilai (t) yang diperoleh dari tabel distribusi F ( )=  dengan taraf signifikan sebesar 5% ( ) membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara kegiat­an ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Laikang Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep.Abstract                This study aims to determine the effect of scout extracurricular activities on the character of students in MI Laikang, Ma'rang District, Pangkep Regency. This study uses two variables: extracurricular activities as independent variables and the character of students as dependent variables. This type of research is quantitative descriptive. Based on inferential statistics testing the hypothesis that notes that the value (t) obtained from the calculation (t_count) = 35.55 is greater than the value (t) obtained from the distribution table F (t_ (table)) = 1.699 with significant level of 5% t count> t_ (table) (35.55> 1.699) proves that there is an influence between scout extracurricular activities on the character of students in Madrasah Ibtidaiyah Laikang Ma'rang District, Pangkep Regency.
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH EFEKTIF (Perspektif Pendidikan Islam) Sophia Azhar
Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 1 (2017): JUNE
Publisher : Department of Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makass

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakDalam UU No 20/2 003 (peraturan nomor 20/2003) tentang sistem pendidikan nasional, telah disebutkan bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk meningkatkan potensi peserta didik agar menjadi orang yang setia dan menjadi warga sipil yang demokratis dan bertanggung jawab. Dalam konteks pendidikan Islam perlu dijalankan secara maksimal dengan menekankan nilai agama. Visi dan misi perlu ditentukan dan pelajaran agama digunakan sebagai dasar dalam menentukan visi dan misi lembaga. Penggunaan asas fastabiqul khairat menjadi nilai yang dibutuhkan untuk menciptakan visi dan misi yang ditentukan, pengelola institusi harus memberikan contoh kepada staf dengan memiliki karakteristik yang baik seperti: tulus, jujur, adil bertanggung jawab, dinamis, praktis dan fleksibel. Master kepala yang efektif dan bertanggung jawab adalah orang yang dapat memimpin institusi pendidikan.AbstractIn UU No 20/2 003 (regulation number 2 0/2003) about national education system, it has been mentioned that national education is aimed to improve potentials of learner to be faithful person and to be democratic, responsible civilian. In the context of Islamic education It need to be run maximally by emphasizing religious value. Vision and mission need to determining and religious lesson is used as base in determining vision and mission of the institution. Use of principle of fastabiqul khairat becomes a value needed to create vision and mission determined, institution manager in must give an example to the staff by having good characteristic such as: sincere, honest, fair responsible, dynamic, practical and flexible. Effective and responsible head master is a person who can lead the education institution.
PENGARUH KEMAMPUAN MENGELOLA DIRI (SELF MANAGEMENT) TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR DAN KREATIVITAS BERPIKIR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR Muhammad Yusuf Hidayat
Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 1 (2017): JUNE
Publisher : Department of Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makass

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

                                                                                  AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan pengaruh kemampuan mengelola diri (self management) terhadap kedisiplinan belajar dan kreativitas berpikir mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu kemampuan mengelola diri (self management)  sebagai variabel bebas dan kedisiplinan belajar serta kreativitas berpikir mahasiswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sehingga diambil sampel sebanyak  15% dari populasi yakni 53 mahasiswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk uji hipotesis.AbstractThis study aims to describe and interpret the effect of self-management ability on the discipline of learning and thinking creativity of students of the Department of Physics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching, UIN Alauddin Makassar. This study uses three variables, namely the ability to manage themselves (self management) as an independent variable and the discipline of learning as well as students' thinking creativity as the dependent variable. The population in this study were all students of the Department of Physics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching, UIN Alauddin Makassar. By using proportionate stratified random sampling technique, 15% of the population, 53 students, were taken. The data analysis technique used is descriptive statistics and inferential statistics to test hypotheses

Page 1 of 1 | Total Record : 5